Perkuat Kesadaran Masyarakat melalui Hari Statistik

Baca Juga

Pena Kampus- Apa pertanyaan pertama kali yang muncul ketika mendengar kata 'Statistik' ?? Angka atau daftar atau diagram? Yap.. Statistik adalah kumpulan data berupa angka atau bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) dan atau diagram.
Ilustrasi oleh Mathoril

Sejarah kegiatan statistik di Indonesia bermula ketika pada tahun 1920 didirikan sebuah kantor statistik di Bogor oleh Direktur Pertanian dan Perdagangan (Director van Landbouw Nijverheid en Hendel). Tahun 1924, lembaga ini kemudian berganti nama menjadi Kantor Pusat Statistik (Centraal Kantoorvoor de Statistik) dan dipindahkan ke Batavia (Jakarta). Setelah melewati proses sejarah yang panjang, sejak 1 Juni 1957 Kantor Pusat Statistik kemudian diubah menjadi Biro Pusat Statistik (BPS) dengan Keputusan Presiden RI Nomor 131 tahun 1957. (kompasiana.com)

Tanggal 26 September resmi ditetapkan sebagai hari statistic nasional padaAgustus 1996 dengan alasan bahwa UU No 7 tahun 1960 merupakan titik awal perjalanan BPS yang sebelumnya diatur oleh undang-undang kolonial. Kemudian UU No 7 tahun 1960 ini diganti menjadi UU No 16 Tahun 1997 tentang perstatistikan. (bps.go.id)

Hari statistic ditetapkan untuk mengakui statistic global baik tingkat nasional maupun internasional. Hal itu diharapkan membantu memperkuat kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap statistic resmi.
Selamat Hari Statistik!

Penulis : Roem

Editor   : Ulya
Powered by Blogger.