Tiga Tips Mahasiswa SI Menguasai Dunia Kerja

Baca Juga

Pena Kampus- “Masa Depan Bangsa Berada di Tangan Pemuda” Pepatah tersebut sangat populer karena hal tersebut benar adanya. Tentunya, dalam membangun bangsa yang besar seperti Indonesia membutuhkan pemuda yang berkualitas. Berbekal hal tersebut, Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar kuliah perdana pada Selasa (19/9) di Ruang Seminar Rektorat lantai 4.
Fathul Wahid, dosen UII sedang memberikan kuliah umum untuk mahasiswa SI UMK. Selasa, (19/9).

Kuliah perdana untuk mahasiswa baru tersebut menghadirkan Fathul Wahid sebagai narasumber yang didatangkan langsung dari UII. Selama sesi berlangsung, dia memaparkan banyak tentang Lingkup Kajian dan Lingkungan Kerja sebagai tema dalam kuliah perdana tersebut. Dalam pemaparannya, persiapan untuk terjun ke dunia kerja penting adanya. “Kita bisa lebih well prepared, sehingga nanti tidak kaget (jika sudah terjun ke dunia kerja-red),” kata Fathul.

Selain itu, Fathul Wahid juga mewanti wanti agar mahasiswa SI mampu bertahan di tengah tengah kerasnya dunia kerja. Pesannya meliputi, menguasai teknis pembuatan aplikasi, memahami bisnis, juga yang tak kalah penting adalah mengembangkan softskill.

Pemaparan  narasumber yang komunikatif selaras dengan antusias mahasiswa baru dalam mengikuti kuliah perdana tersebut. Terbukti dengan pernyataaan dari Rizal Emil Pohan, anggota HIMAPRO, sebanyak 90 persen mahasiswa baru antusias mengikuti acara tersebut. Kuliah perdana itu sendiri tentu bertujuan agar mahasiswa baru mengenal dasar dasar IT karena sebagian masih ada yang belum mengetahuinya. Setelah mengikuti kuliah tamu, Efvry Cantania Agustina (salah satu mahasiswa baru SI), mengatakan bahwa ia lebih yakin untuk mendalami Prodi Sistem Informasi dan mudah untuk mencari pekerjaan.

Kondisi di lapangan kerja dengan kampus tentu sangat berbeda. Agar tidak kaget dalam menghadapi hal itu, Fathul Wahid membagikan tiga tips tambahan untuk mahasiswa SI. Pertama banyak membaca, kedua banyak ngobrol (berdiskusi), ketiga banyak piknik (melihat banyak hal). Jika ketiga tips tersebut dijalankan, maka peluang diterima kerja atau membuka lapangan pekerjaan akan terbuka lebar, mengingat cakupan SI begitu luas sekaligus memiliki kelebihan sebagai pengembang solusi yang bermanfaat dalam segala bidang. (Amrita/Mega/Tita/Ulya)
Powered by Blogger.