UMK, Harapan Masyarakat Pantura

Baca Juga

Pena Kampus- Tahun ajaran baru 2017/2018 dimulai, begitu pula dengan Universitas Muria Kudus (UMK). Tahun ajaran baru adalah waktu yang tepat untuk memulai sesuatu hal yang baru, menuju perbaikan dan kemajuan. Pada tahun ajaran baru ini UMK memiliki perkembangan yang signifikan, dengan dibukanya program studi Pendidikan Matematika (PMTK) menjadikan UMK dipercaya masyarakat. Khususnya masyarakat Pantura Timur.
Foto: Mathoril / PEKA

“Kami berfikir bahwa mahasiswa harus mengalami peningkatan. Baik dari segi kuantitas dan kualitas sebagai bentuk tanggung jawab universitas terhadap masyarakat.” Jelas Winarso selaku Warek 3. Penambahan program studi baru tersebut dikarenakan untuk memenuhi harapan masyarakat daerah pantura terhadap universitas. Juga sebagai sarana mendekatkan diri kepada masyarakat akan kebutuhannya terhadap pendidikan.
Mulai 12-14 September 2017, UMK mengadakan kegiatan SAPAMABA (Masa Pengenalan Mahasiswa Baru). SAPAMABA adalah agenda rutin setiap tahun untuk menyambut mahasiswa baru. Pada tahun ini, UMK menerima >2000 mahasiswa dari 4000 pendaftar. Seperti tahun sebelumnya, UMK menyediakan dua jenis tes masuk yaitu CBT (Computer Based Test) dan PBT (Paper Based Test). Jenis tes masuk Computer Based Test (CBT) banyak dipilih calon mahasiswa baru. Tes ini dinilai praktis karena pendaftar langsung mendapat hasil dari tes yang telah dilakukan.
Mengenai fakultas yang terbanyak diminati, fakultas ekonomi tetap menjadi yang paling diminati, jatuh pada program studi manajemen. Selanjutnya ada fakultas teknik dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Disusul fakultas psikologi dan fakultas petanian.
Satu hal unik SAPAMABA tahun ini yaitu adanya improvement. Akan ada pembuatan formasi yang nantinya menjadi ciri khas Universitas Muria Kudus. Formasi yang terbentuk diharapkan mampu mencerminkan UMK tersebut dilakukan di lapangan depan gedung J dan didalam Auditorium. Peserta pembuatan formasi sekitar 600 mahasiswa baru yang berasal dari berbagai jurusan. Formasi yang akan dibuat adalah tulisan UMK dan tahun 2017.

Mahasiswa baru juga diberi 8 pesan sukses pada acara yang berlangsung di auditorium UMK. Pesan tersebut berisi 4 hal yang harus dilakukan dan 4 hal yang harus dihindari. Yaitu disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran, menjadi mahasiswa kreatif lewat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), mematuhi aturan, dan aktif dalam organisasi. Sedangkan 4 larangan berisi larangan terhadap narkoba, tidak mengikuti ajaran radikal, tidak melakukan tindakan criminal, dan menghindari pergaulan bebas. (Iing, Vivi/ Iim)
Powered by Blogger.