UMK, Mengapresiasi Mahasiswa Berprestasi

Baca Juga

Pena Kampus-Dalam beberapa tahun terakhir ini UMK memberikan beberapa beasiswa, antara lain Beasiswa Mahasiswa Baru Berprestasi, Beasiswa Bidikmisi Dikti, Beasiswa Bidikmisi UMK, Beasiswa Mahasiswa Terjauh dan Termuda, serta Beasiswa Hafidz Qur’an.
Foto: Mathoril / PEKA

Terjadi perbedaan pada Beasiswa Mahasiswa Baru Berprestasi, tahun lalu ada 13 penerima dari 13 program studi. Tahun ini jumlah penerimanya menjadi 15, hal ini dikarenakan bertambahnya 2 program studi  yaitu Teknik Industri dan Pendidikan Matematika. Beasiswa ini sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa dari masing – masing program studi yang mendapat nilai tertinggi dalam seleksi Computer Based Test (CBT). Fasilitas yang diberikan pada mahasiswa baru ini adalah potongan 50% untuk dana pengembangan. Tentu saja apresiasi seperti ini membuat mahasiswa menjadi lebih semangat dan lebih memiliki keinginan untuk mengembangkan potensinya.
Salah satu mahasiswa baru yang mendapatkan nilai tertinggi Arum Kamila dari program studi PBSI, ia mengaku bahwa dengan beasiswa ini menjadikan motivasi baru bagi dirinya untuk terus belajar dan berusaha menjadi yang terbaik. “Perjuangan kita tidak berhenti disini, dengan mendapatkan ini kita tidak boleh sombong karena nanti dikelas bisa saja akan berbeda. Namun dengan mendapatkan ini (Beasiswa Mahasiswa Berprestasi) akan menjadikan motivasi untuk terus belajar” tutur Arum. Selain itu, ada juga mahasiswa baru yang mengaku tidak menyangka akan menjadi penerima beasiswa ini yaitu Ena Rizqia Febriyanti, mahasiswa baru dari progdi Manajeman. “ Soalnya ada yang mudah ada yang sulit, namun saya mencoba untuk menyelesaikan soal – soal tersebut” tutur Ena.
Untuk seleksi mahasiswa bidikmisi bukan hanya pada hasil dari CBT, namun ada tes wawancara. Kebanyakan dari mereka gugup dan tegang waktu melaksanakan tes wawancara. Hampir sebagian mahasiswa mengetahui beasiswa ini karena adanya sosialisasi disekolahnya. “Ketika melakukan tes wawancara ada banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada saya dan ini menjadi sangat menegangkan. Namun saya mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut sesuai dengan kenyataan” tutur Alfiana Mega, mahasiswa program studi PBI.
Selain itu banyak mahasiswa yang merasa terbantu dengan adanya beasiswa ini, karena melalui beasiswa ini lebih meringkan beban orang tua mereka, dan melalui beasiswa ini mereka berharap bisa menjadi mahasiswa yang dapat mengembangkan potensi dan memberikan yang terbaik bagi dikti dan universitas. “Melalui beasiswa ini semoga saya dapat mengemban amanah dari universitas dan dari dikti, juga semoga dapat menjadi mahasiswa yang berkarakter dan berprestasi” tutur mahasiswa baru bidikmisi dikti, Risma. (Amalia, Ayu/ Iim).
Powered by Blogger.