Makna Hari Pahlawan untuk Generasi Muda

Baca Juga

Ketika mendengar tanggal 10 November tentu saja kita tidak asing lagi. Pada tanggal ini biasanya dilaksanakan upacara peringatan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Juga sebagai bukti bakti untuk semua yang telah mereka korbankan untuk Indonesia. Sehingga kita sebagai generasi muda harus menjaga dan melanjutkan semangat perjuangan mereka. Seperti kata Bung Karno, "JASMERAH (jangan sekali kali melupakan sejarah). Karena itulah lewat peringatan Hari Pahlawan kita sebagai generasi muda bukan hanya mengetahui tapi juga menghayati perjuangan mereka.

Ilustrasi oleh Sabik

 Peringatan kali ini pemerintah menginginkan ketika pukul 08:15 WIB seluruh masyarakat dapat mengheningkan cipta sejenak. Melalui hal tersebut kita dapat mengetahui bahwa generasi sekarang atau lebih dikenalnya kids zaman now, masih belum mencerminkan sikap-sikap generasi muda yang menghargai kemerdekaan yang diperjuangan para pendahulu. Sehingga melalui mengheningkan cipta ini, mereka lebih mendapatkan pemahaman tentang seberapa penting dan bermakna kejadian ini untuk bangsa Indonesia.

Sudah seharusnya peringatan Hari Pahlawan ini tidak hanya dijadikan sebagai formalitas untuk generasi muda tapi sebagai tonggak dan pengingat bahwa kemerdekaan harus berlanjut dengan menjadikan bangsa Indonesia lebih baik dari sebelumnya. Kita sebagai generasi muda hendaknya memahami bahwa tonggak kekuasaan sekarang ini akan kita pegang untuk beberapa tahun kedepan. Sehingga hendaknya nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh orang tua kita hendaknya tetap dipegang sebagai warisan dan identitas diri.

Sebagai penerus cita-cita bangsa, kita harusnya memulainya sedari dini. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui apa yang sedang terjadi dilingkungan kita. Sehingga ini akan menambah kepekaan terhadap masalah-masalah yang ada disekitar dan ikut membantu dalam penyelesaian masalah itu sendiri. Lagi pula gotong royong dan kekeluargaan adalah nilai - nilai penting yang mulai ditinggal dam dilupakan oleh generasi saat ini.

Memaknai Hari Pahlawan ini hal yang paling penting adalah bagaimana jati diri dan identitas diri sebagai bangsa Indonesia masih tetap hidup dan melekat dalam jiwa dan sanubari generasi muda saat ini. (Amalia)
Powered by Blogger.