Mulailah Menanam(ku), Tuailah Berkah(ku).

Baca Juga

Pena Kampus- Berdasarkan keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 telah ditetapkan bahwa tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional. Pada Hari Menanam Pohon Indonesia, tentu akan ada banyak kegiatan menanam pohon serentak di berbagai wilayah Indonesia. Rencananya, Presiden RI, Joko Widodo juga akan turut berpartisipasi langsung dalam kegiatan tersebut.

Ilustrasi oleh: Sabik

         Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terbesar di dunia. Beragam jenis flora dan fauna hidup di dalamnya. Notabennya hutan juga mengambil posisi sebagai paru-paru dunia. Melalui tumbuhan, ia  dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen bagi kehidupan. Hutan memiliki berbagai manfaat, salah satunya tempat mencari sumber daya alam terutama tumbuhan. Dari tumbuhan akan dihasilkan banyak manfaat, seperti penghasil oksigen, sumber makanan, tempat tinggal makhluk hidup, dan lain sebagainya.

Begitu besar manfaat hutan bagi kehidupan, namun kurangnya perhatian serius dari pada masyarakat membuat hutan kadang terabaikan. Beberapa waktu lalu sempat terjadi banyak kebakaran yang mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem dan perubahan iklim. Tidak hanya kebakaran, penebangan liar juga menjadi salah satu masalah serius di Indonesia.

Guna mengatasi ketidakseimbangan ekosistem dan perubahan iklim, pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat untuk melakukan reboisasi atau penghijauan dimana kita harus menanam pohon. Indonesia juga telah menjadi salah satu role model dunia untuk penanganan masalah serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia penanaman pohon sejumlah 238.000 batang dalam waktu 60 menit secara serentak pada satu tempat yang dicatat Guinness World Records pada tahun 2016 lalu.

Hari Menanam Pohon Indonesia diharapkan menjadi hari di mana masyarakat sadar akan kepedulian lingkungan. Menanam pohon tidak harus pada hari-hari tertentu, bisa dilakukan setiap waktu. Semua masyarakat hendaknya ikut berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan guna mendukung keberlangsungan makhluk di Bumi ini.  (Icha/Dewi/Peka)




Dari berbagai sumber
Powered by Blogger.