Pena Kampus UMK Usung Tema Menggali Fakta melalui Karya Jurnalistik

Baca Juga

Pena Kampus- Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu oleh sahabat Pena Kampus (PEKA) telah terlewati dengan bahagia. Bagaimana tidak, kegiatan yang berlangsung pada tanggal 3-5 November  2017. UKM Jurnalistik Universitas Muria Kudus, khususnya pada devisi penerbitan (Pena Kampus) telah melaksanakan salah satu programnya. Yakni kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD).

Foto: doc. PEKA

Secara garis besar kegiatan PJTD hampir sama dengan kegiatan malam keakraban atau yang lebih sering kita sebut sebagai (Makrab), namun bedanya terletak pada kajian isi dan tujuan yang diberikan panitia. Tujuan acara tersebut ialah agar peserta PJTD dapat lebih fokus untuk memahami dan mengenal bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik dalam menerbitkan berita.

Acara tersebut diikuti oleh semua mahasiswa Universitas Muria Kudus yang mendaftarkan diri untuk join dalam UKM Jurnalistik. Acara tersebut diikuti 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru dan mahasiswa dari semester 3. Serta kurang lebih 20 panitia. Menurut Diah Dwi selaku panitia “Peserta PJTD tahun ini lebih meningakat dari tahun sebelumnya, antusisme peserta lebih aktif dan kreatif dalam menyampaikan pendapatnya saat diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri” Ujarnya.


Foto: doc. PEKA

Hari pertama kegiatan PJTD berlangsung di Gedung E (Universitas Muria Kudus). Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Muhammad Noor Ahsin selaku pembina UKM Jurnalistik. Setelah selesai mengikuti serangkaian sambutan dan materi jurnalistik yang disampaikan dari Alumni. Pukul 15.00 merupakan waktu yang telah dijadwalkan untuk kita menuju lokasi kedua. Setelah menyalesaikan ibadah sholat azhar, tiba saatnya bagi seluruh peserta dan panitia untuk berangkat menuju lokasi Balai Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus. Karna perjalanan menuju lokasi cukup jauh dan membutuhkan waktu yang tak singkat, pihak panitia menyediakan tiga buah kendaraan umun demi kenyamanan dan keselamatan peserta serta panitia.

Pada kesempatan kali ini, pihak panitia kegiatan berhasil mendatangkan pemateri-pemateri sesuai bidangnya. (1)Syaiful Annas selaku ketua PWI Kabupaten Kudus memberikan materi Manajemen dan Organisasi Pers Kampus, (2)Agus Sulistyanto selaku wartawan profesional Radar Kudus memberikan materi teknik wawancara dan penulisan berita yang baik, (3) M. Ulin Nuha selaku redaktur dan wartawan Radar Kudus memberikan materi fotografi jurnalistik, (4) Danar Ulil H selaku penulis novel Menara Cinta memberikan materi motivasi kepenulisan sastra, dan (5) Ali Ribowo selaku layouter di salah satu penerbitan swasta memberikan materi Layout.
Foto: doc. PEKA

Setelah dua hari para peserta dijejali oleh materi-materi dasar kejurnalistikan, di hari terakhir kegiatan peserta diajak tracking  menjelajah bumi Rahtawu. Di sela-sela perjalanan juga terdapat pos-pos outbond yang harus dilalui peserta.

"Menurut saya kegiatan PJTD mrupakan suatu program kerja yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Karena dengan adanya kegiatan tersebut, peserta tidak hanya diberikan bekal untuk menjadi seorang jurnalis yang baik. Namun kita dapat menjalin silahturahmi yang baik antar senior dan junior. Selain itu bagi anggita baru Pena Kampus, kita dapat menambah teman baru dari berbagai fakultas lain” ujar Ahmad Mujib, selaku ketua panitia PJTD.

Foto: doc. PEKA
“Saya senang dengan adanya kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini. Bagi saya ini sangan berkesan sekali bisa outbond di sungai bersama teman-teman, bisa makan bersama tanpa memandang status sosial. Saya berharap saya dapat memetik kegiatan ini dengan baik. Dan semoga kegoiatan PJTD ini dapat berkembang lebih baik dari tahun ke tahun” harap Ilen salah satu peserta Pena Kampus dari Prodi PBI. (Firda/Del/PEKA Online)


Powered by Blogger.