Semangat GANEFO, Semangat Indonesia Mandiri

Baca Juga

Ternyata pada tanggal 10 November tidak hanya diperingati sebagai hari pahlawan.  Namun banyak orang yang belum tahu dan mungkin juga hampir terlupakan bahwa pada tanggal 10 November 1963 Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno membentuk Ganefo atau Games of the New Emerging Force sebagai ajang olahraga tandingan Olimpiade. Pada saat itu,  karena Indonesia tidak mengundang Taiwan dan Israel pada Asian Games 1962. Alasan Indonesia adalah karena 2 Negara tersebut simpati terhadap Tiongkok dan negara-negara Arab. Aksi ini diprotes KOI karena Israel dan Taiwan merupakan anggota resmi KOI. Akhirnya KOI menangguhkan keanggotaan Indonesia, dan Indonesia diskors untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo dan lahirlah GANEFO.
Ilustrasi oleh Cakmat


Dengan lahirnya GANEFO, Indonesia bisa membuktikan  Negara berkembang juga bisa mandiri dan menegaskan bahwa urusan politik tidak bisa dipisahkan dari olahraga.  Meskipun Indonesia tidak mendukung salah satu blok,  Indonesia bisa berdiri sendiri dan tidak memihak kepada siapapun(netral).

Meskipun hanya diselenggarakan tiga kali tahun 1962 di Jakarta,1966 di Kamboja dan 1970 di Korea Utara (dibatalkan dan bubar),namun peserta dari berbagai Negara cukup antusias.  Terbukti dengan partisipasi 2.700 atlet dari 51 Negara yang mengikuti perlombaan pada GANEFO 1. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia mampu menyatukan negara-negara berkembang untuk saling berkompetisi dibidang olahraga.


Akhirnya, meskipun sudah lama dibubarkan, lantas tidak begitu saja kita mudah melupakan sejarah Agung seperti Ganefo.  Semangat kemandirian sebagai Negara yang masih berkembang harus tetap kita kobarkan khususnya bagi para atlet Indonesia dan seluruh pemuda generasi bangsa.  Bila kita gagal dalam suatu permasalahan teruslah bangkit karena orang yang hebat adalah ia yang terus mencoba.  "Beri aku 10 orang tua,maka akan aku cabut semeru dari akaranya. Beri aku 10 pemuda maka akan aku goncangkan dunia!"(Soekarno).  (Amrita Syifa')
Powered by Blogger.