Cegah Thalassemia Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Baca Juga

Pena Kampus - Rotary Club Kudus (RCK)  mengadakan seminar Cegah Thalassemia yang bekerja sama dengan UKM KSR Universitas Muria Kudus (UMK) di Auditorium UMK, Sabtu (18/12). Rotary Club merupakan organisasi pelayanan yang anggotanya dapat memanfaatkan klasifikasi yang dimilikinya sebagai sarana melayani masyarakat. Rotary Club sendiri adalah bagian dari Rotary Internasional yang didirikan pada tahun 1905 di Chicago. RCK sendiri merupakan bagian Rotary Club yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.
Foto : Annisa / PEKA

Dari acara seminar ini, RCK mengajak masyarakat (khususnya masyarakat Kudus) untuk mencegah semakin banyaknya kelahiran bayi Thalassemia Mayor. “Tujuan diadakan seminar ini agar semua orang tahu, agar bisa mencegah Thalassaemia dan generasi selanjutnya bebas dari thalasemia,ungkap Annita Rahayu, selaku panitia seminar.

Tidak hanya acara seminar saja, tetapi juga diadakan pencegahan Thalassemia dengan melakukan screening. Screening ini merupakan uji darah untuk mengetahui apakah seseorang terjangkit Thalassemia atau tidak.

Acara seminar ini diikuti oleh 500 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Kudus. Sedangkan, jumlah peserta yang mengikuti proses screening hanya sebanyak 150 peserta. Acara ini sangat luar biasa, karena orang banyak belum tahu cara mencegah Thalassemia, ujar Sirojul Munir, mahasiswa Ekonomi Syariah, STAIN Kudus.Manfaat dari acara ini adalah kita dapat mengetahui cara memilih pasangan, tambahnya.


Begitu juga Khusnul Khotimah, mahasiswi Akuntansi STAIN Kudus mengungkapkan bahwa acara seminar ini sangat bermanfaat karena memberikan wawasan yang sangat luas bagi peserta yang datang tentang penyakit Thalassaemia. Ia juga berharap bahwa jika diadakan seminar seperti ini lagi agar dimaksimalkan fasilitasnya dan ketegasan petugasnya. (Safiq/Nlm/Del/Magang)
Powered by Blogger.