Kamu, Apakah Penderita Thalasemia ?

Baca Juga

Pena Kampus - Acara seminar Thalasemia akan diadakan di Auditorum Universitas Muria Kudus tanggal 18 Desember 2017. Acara ini persembahan antara Rotary Club Of Kudus, Rotary Club Of Kudus Srikandi, Rotary D 3420 Indonesia dan KSR Universitas Muria Kudus.

Gambar : Anita/Ketua Panitia Thalasemia

“Thalasemia adalah penyakit kelainan darah, dimana darah dari penderita Thalasemia itu 2-4 lebih kecil dari orang normal. Akibatnya kekurangan darah karena penyebabnya hemoglobinnya tidak dapat terbentuk sempurna, dan untuk bertahan hidup harus transfusi darah terus menerus. Thalasemia dibedakan menjadi 2 yaitu mayor dan minor, jika mayor itu diturunkan oleh ayah & ibu yang terkena Thalasemia, sedangkan yang minor itu hanya pembawa gen saja,”
tutur Anita Ketua Panitia Seminar Thalasemia.

Ada beberapa gejala yang dapat diwaspadai, diantaranya wajah terlihat pucat, lemah dan resah, anemia serius, hingga kesukaran bernafas. Thalasemia tidak dapat diobati namun dapat dicegah. Penyakit ini dapat diketahui dengan cara melalukan screening darah.

Acara FREE, Screening gratis 150 orang pertama, Sertifikat dan Snack. Sosialisasi cegah Thalasemia tersebut akan dimulai pukul 09.00-selesai. Menghadirkan Lina Soeratman, dokter Afifah Nur Karika Sari sebagai narasumber dan Luluk Adipratikno Sp. P sebagai moderator. (Tita/Masta/Peka Online)
Powered by Blogger.