Stop Thalassemia Mayor!

Baca Juga

Pena Kampus - Seminar kesehatan dengan tema cegah Thalassemia yang diadakan oleh Rotary Club Kudus dan Rotary Club Kudus Srikandi yang bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa KSR diadakan di Auditorium UMK (18/12) menyedot antusias peserta. Sebelum acara dimulai, peserta seminar diperlihatkan video, profil, dan cerita dari penderita Thalassemia. Sebanyak 500 peserta terlihat penuh semangat untuk mengikuti seminar ini.
Foto : Tita / PEKA

Acara ini dibuka dengan persembahan dari UKM Ningnong. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia (Anita Rahayu), Presiden Rotary Club Kudus dan Ketua Rotary Kudus Srikandi (Trisno Muljono), dan terakhir oleh Rektor Universitas Muria Kudus (Dr. H. Suparnyo, S.H., M.S) yang sekaligus sebagai pembuka acara.

Seminar kesehatan cegah Thalassemia ini juga menghadirkan 2 narasumber yaitu Lina Soeratman dan dr. Afifah Nur Kartika Sari serta dr. Luluk Adipratikto, Sp. P sebagai moderator acara. Kedua narasumber ini menjelaskan pengertian, cara pengobatan, jumlah penderita, dan berbagai macam pembahasan tentang Thalassemia mayor. Menurut data WHO tahun 2001, 7% total penduduk dunia adalah pembawa sifat Thalassemia dan 300-400 ribu anak lahir dengan Thalasemia mayor .

"Cegah Thalassemia adalah gerakan yang diprakarsai oleh Rotary Indonesia (sejak 2008), yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mencegah semakin banyaknya kelahiran bayi Thalassemia mayor. Dengan cara diseminasi/pemasyarakatan, screening dan konsultasi genetik", ungkap Lina Soeratman. (Tata/Del)
Powered by Blogger.