Resensi Novel Kamu, Kenangan Tentang Luka dan Cinta

Baca Juga


Judul Buku     : Kamu, Kenangan Tentang Luka dan Cinta
Penerbit         : Bukuné
Cetakan          : Pertama, Mei 2012
Tebal Buku    : 390 halaman
ISBN                : 602-220-052-0
Peresensi       : Ella Mutiara Leavy

            Novel Kamu, Kenangan Tentang Luka dan Cinta merupakan karangan dari penulis bernama Adeliany Afzar, seorang mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penulisan novel yang berlatar negara ginseng Korea Selatan tersebut tak lepas dari hobi Adeliany yang memang gemar menonton drama Korea. Dalam novelnya ini Adeliany menggabungkan hobi dan cerita yang menarik untuk diulik.

            Menceritakan tokoh Vianina Kiran, gadis keturunan Indonesia-Korea yang kembali lagi ke Korea setelah lama menetap di Jakarta. Keinginannya untuk kembali ke negeri asal ayahnya sempat ditentang habis-habisan oleh keluarganya mengingat di negeri itu ayahnya mendapatkan pengalaman buruk sewaktu bekerja. Namun Kiran yang keras kepala akhirnya mendapatkan ijin untuk menetap dan melanjutkan studi serta berkarir di Korea.

            Ketika kembali ke Korea itulah Kiran dipertemukan dengan Park Jong Hyun, anak dari teman akrab ayahnya sewaktu kecil. Menurut perjanjian yang dibuat kedua ayah mereka, Kiran dan Jong Hyun harus menikah untuk mempererat persaudaraan kedua ayah mereka. Ayah Jong Hyun sakit-sakitan, membuat Jong Hyun tidak tega menolak perjodohan tersebut. Ia pun membuat perjanjian dengan Kiran bahwa pernikahan mereka hanya pura-pura sampai ayah Jong Hyun sembuh.

            Salah satu kejutan yang dipaparkan oleh Adeliany yaitu kemunculan Ivander Junio, kakak Kiran, yang menyelidiki ‘pernikahan’ adiknya yang dirasa tidak wajar. Apalagi dengan kehadiran Kekasih Jong Hyun di antara sepasang pengantin baru, juga seorang laki-laki yang sangat dekat dengan Kiran membuat Junio semakin curiga. Kebenaran bahwa sebenarnya Kiran diam-diam mencintai ‘suaminya’ membuat cerita semakin menarik untuk diikuti.

            Adeliany menyuguhkan alur campuran sehingga pembaca akan dibawa pada masa-masa dimana Ayah kedua mempelai masih kecil, juga kisah pertemuan Kiran dengan seorang anak kota sewaktu usianya baru enam tahun. Meskipun begitu, alurnya mudah dipahami karena ada sekat jelas antara satu masa dengan masa yang lain. Bahasa yang digunakan Adeliany dalam menyusun novel ini menggunakan bahasa yang ringan, dan meskipun ia menyisipkan beberapa kata berbahasa Korea, tidak akan menjadi masalah untuk pembaca yang tidak tahu terjemahannya karena adanya penjelasan dalam bahasa Indonesianya. Pembaca yang belum mengerti tentang seluk beluk negeri ginseng pun dapat belajar dari penjelasan-penjelasan yang dipaparkan di dalam novel.

            Konflik yang disampaikan memanglah kompleks namun sebenarnya mudah ditebak. Kejutan-kejutan yang disiapkan Adeliany seperti sengaja dibuat setengah-setengah, sehingga pembaca dapat menebak sejak awal. Meskipun ada sedikit kesalahan penyebutan tokoh, hal itu tidak merusak cerita sehingga dapat diabaikan.


            Secara Keseluruhan, Novel Kamu karya Adelia Afzar ini menarik untuk dibaca oleh kalangan remaja dan dewasa karena kisah percintaan tokohnya bukan hanya sekadar percintaan anak SMA saja, namun juga dalam ranah dewasa karena menyangkut pernikahan dan dunia kerja.
Powered by Blogger.