Sempat Vakum, HMJA Gelar Kembali Muria Accounting Competion (MAC)

Baca Juga

Pena Kampus – Himpunan Mahasisiwa Jurusan Akuntansi (HMJA) menyelenggarakan Actor (Accounting Europia). Muria Accounting Competion (MAC) adalah acara ke-2 dari serangkaian program "Actor". Acara ini merupakan kompetisi akuntansi se-eks karesidenan Pati. MAC 2018 ini merupakan acara perdana sejak tahun 2014, acara ini sempat vacum.

Foto bersama para pememnang MAC dan dewan juri. (foto oleh: panitia acara)

Tujuan diadakannya MAC ini untuk memperkenalkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMK, khususnya jurusan Akuntansi. Diharapkan dari acara ini kedepannya HMJA bisa memberikan manfaat selain kepada program studi akuntansi juga masyarkat banyak,” kata Mujib selaku ketua panitia saat ditemui pihak redaksi. "Untuk tahun depan direncanakan MAC pesertanya dari mahasiswa sendiri," tambahnya.

Kompetisi yang diikuti oleh 26 tim pelajar SMA/sederajat, dimana setiap tim terdiri dari 3 peserta. Awalnya, setiap tim melalui tahap preliminary diambil 12 karya tulis terbaik.  Kemudian tim yang lolos berkesempatan mengikuti tahap penyisihan selanjutnya yaitu main round, semi  final, dan grand final. Hanya ada 5 tim yang lolos ke tahap grand final,  Minggu (25/03). Grand final ini dilaksanakan di Gedung Rektorat lantai  4 UMK.

Pada tahap grand final terdiri dari 3 babak yaitu pertanyaan wajib, giliran, dan rebutan. Hingga keluarlah tim yang mendapat nilai akumulasi tertinggi. Akumulasi tertinggi dimenangkan oleh SMA 1 JAKENAN PATI dengan nilai 600 disusul SMA 1 JEKULO  dengan nilai 400 dan terkahir disusul oleh SMA HASYIM ASY’ARI 3 dengan nilai 200.

“Kami merasa senang murid didik kami mendapat juara satu, kebetulan 4 tahun lalu, sekolah kami mengikuti perlombaan yang seperti ini di UMK. Alhamdulillah kami mendapatkan juara satu, dua, dan tiga kami borong semua. Makanya perlombaan seperti ini kami tunggu-tunggu," kata guru pendamping SMA Jakenan Pati saat dtemui pihak redaksi.

Yusinda Anggraeni, Annafi Putriana, dan Widya Astuti Wulandari merupakan pemenang dari kompetisi MAC mengaku nilai yang didapat kurang memuaskan. Mereka menargetkan akan menjawab semua pertanyaan yang diajukan juri. Walaupun begitu mereka tetap merasa senang karena bisa mengalahkan SMA lain yang mengikuti kompetisi ini. (Bible/Del/PeKa Online)
Powered by Blogger.