Ada Apa di Tanggal 27 April ?

Baca Juga

Pena Kampus - Ada apakah di tanggal 27 April? Bagi sebagian besar orang tentu merasa tidak ada yang special pada tanggal 27 April. Namun ada sesuatu yang special di balik tanggal ini. Pada hari ini, tepatnya 55 tahun yang lalu dimulailah hal ini.

Dokumen PEKA

Gagasan pemasyarakatan yang dicetuskan oleh Prof. Sahardjo, S.H. tahun 1963 membuat setiap tangggal 27 April diperingati sebagai hari bersejarah bagi unsur sistem peradilan pidana di Indonesia. Hari di mana penjara berganti nama menjadi Lembaga pemasyarakatan atau bisa disingkat LP. Proses perubahan dari penjara ke Lembaga pemasyarakatan cukup memakan waktu yang lama, dimulai sejak bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hari ini merupakan salah satu hari yang penting untuk babak baru bagi para narapidana yang sebelumnya hanya dikatakan sebagai seorang penjahat dan tidak dipedulikan atas nasibnya ditengah-tengah masyarakat. Namun setelah adannya Hari Pemasyarakatan Indonesia mereka pun saat ini telah memiliki arti didalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Dengan adanya hari ini menyadarkan bahawa para narapidana juga merupakan bagian dari masyarakat yang nantinya jika mereka keluar dari Lembaga Pemasyarakatan ini mampu berbaur dan menjadi manusia normal seperti yang lainnya.

Fungsi dari Lembaga Pemasyarakatan ini bukan hanya dapat membuat lebih dimanusiakan sebagai manusia. Karena kita tahu sendiri bahwa para narapidana biasanya harus menghabiskan waktu mereka dibalik jeruji besi dengan ukuran hanya beberapa meter saja dengan jangka waktu bertahun-tahun. Tapi dengan dikeluarkannya keputusan ini, sudah dipastikan hak mereka pun sebagai manusia yang utuh akan didapatkan di dalam Lembaga Pemasyarakatan nantinya mereka akan mendapatkan pembinaan khusus seperti keterampilan, pembentukan akhlak, penguatan mental, dan masih banyak lagi.

Hari Pemasyarakatan Indonesia diatur dalam Undang -Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan selain itu terdapat pula landasan hukum Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999 mengenai syarat dan tata cara pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.


Penulis : Adel

Editor   : Dii
Powered by Blogger.