Hari Solidaritas Asia-Afrika

Baca Juga

Pena Kampus - Tanggal 24 April telah resmi ditetapkan sebagai Hari Solidaritas Asia-Afrika. Hari ini merupakan peringatan ke-63 Konferensi Asia-Afrika (KAA). Sepertu yang diketahui bersama bahwa kota Bandung dipilih sebagai tempat pelaksanaan KAA pada 18 April 1955. Maka, hingga saat ini Bandung dikenal sebagai ibu kota Solidaritas Asia-Afrika.
(sabs)

Setidaknya ada 29 negara Asia, Afrika, dan Timur Tengah yang tergabung dalam Konferensi Asia-Afrika. Munculnya ide KAA disampaikan Presiden Soekarno dalam pidatonya, yakni kesamaan nasib dan pengalaman akibat kolonialisme serta keinginan yang sama dalam mempertahankan perdamaian dunia. Ada beberapa pokok bahasan krusial mengenai perekonomian, kebudayaan, hingga hak asasi manusia. Konferensi tersebut kemudian melahirkan 10 prinsip yang dikenal dengan Dasasila Bandung.

Berikut adalah 10 isi Dasasila Bandung :
  1. Menghormati hak-hak asasi manusia dan menghormati tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB.
  2. Menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah semua negara.
  3. Mengakui persamaan derajat semua ras serta persamaan derajat semua negara besar dan kecil.
  4. Tidak campur tangan di dalam urusan dalam negeri negara lain.
  5. Menghormati hak setiap negara untuk mempertahankan dirinya sendiri atau secara kolektif, sesuai dengan Piagam PBB.
  6. (a)Tidak menggunakan pengaturan-pengaturan pertahanan kolektif untuk kepentingan khusus negara besar mana pun. (b) Tidak melakukan tekanan terhadap negara lain mana pun.
  7. Tidak melakukan tindakan atau ancaman agresi atau menggunakan kekuatan terhadap keutuhan wilayah atau kemerdekaan politik negara mana pun.
  8. Menyelesaikan semua perselisihan internasional dengan cara-cara damai, seperti melalui perundingan, konsiliasi, arbitrasi, atau penyelesaian hukum, ataupun cara-cara damai lainnya yang menjadi pilihan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan Piagam PBB.
  9. Meningkatkan kepentingan dan kerja sama bersama.
  10. Menjunjung tinggi keadilan dan kewajiban-kewajiban internasional.
Melalui KAA, pemerintah berharap adanya semangat solidaritas di antara negara-negara Asia-Afrika. Dengan adanya semangat solidaritas, masalah internasional maupun regional dapat terselesaikan. (Mifthania)
Powered by Blogger.