Pena Kampus Kunjungi Pabelan

Baca Juga

Pena Kampus - Guna menjalin silaturahim dan mempelajari lebih dalam tentang tata keorganisasian pada lembaga pers mahasiswa, LPM Pena Kampus mengadakan kunjungan pers ke LPM luar Pantura. Kali ini Pena Kampus berkunjung ke LPM Pabelan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (31/3).
Foto bersama LPM Pena Kampus dan LPM Pabelan./doc Pena Kampus Online


Sebanyak 15 pengurus aktif Pena Kampus, mengikuti kegiatan tersebut. Pimpinan Umum Pena Kampus, Dewi Lestari menyampaikan tujuan utama kegiatan ini adalah mempelajari dan bertukar informasi terkait tata kelola LPM. Mulai dari sistem administrasi hingga proses pengelolaan produk jurnalistiknya.

Pemilihan tempat kunjungan juga mempertimbangkan banyak aspek. "Kami memilih melakukan studi banding dan kunjungan ke LPM Pabelan karena beberapa hal. Diantaranya: rekam jejak LPM Pabelan yang cukup baik, jam terbang LPM, dan masih banyak lagi," tutur Dewi.

LPM Pabelan memiliki struktur organisasi yang hampir sama dengan LPM Pena Kampus. Memiliki lebih dari 50 anggota dan dukungan penuh dari pihak kampus membuat LPM Pabelan dapat mencetak 4 produk sekaligus. "Kami bisa cetak koran kampus, tabloid, majalah, dan aktif di media online juga," ungkap Adhi, humas LPM Pabelan.

"Koran kami terbit seminggu sekali. Tabloid terbit 4 kali dalam setahun. Sedangkan majalah terbit 2 kali setahun. Semuanya kami disokong oleh dana kampus. Sesekali juga kami menerima iklan," tambahnya.

Dengan diadakannya kunjungan pers ini, diharapkan menambah jejaring literasi dan semua ilmu dapat diimplementasikan secara nyata. Beberapa sistem yang sudah diterapkan di Pabelan, akan dikaji terlebih dahulu sebelum diterapkan di Pena Kampus. (Ica/del/peka online)

Powered by Blogger.