Harinya Para Odapus, We Care !!

Baca Juga


Tanggal 10 Mei merupakan hari yang diperingati sebagai hari Lupus Sedunia. Diawali pada tahun 2004 oleh Komite Internasional di Eaton, Inggris. Odapus sendiri merupakan sebutan bagi penderita penyakit Lupus di seluruh Dunia. Mungkin belum banyak yang tahu, apa sih yang dimaksud penyakit Lupus itu? Lupus atau SLE (Systemic Lupus Erythematous ) merupakan penyakit sistem daya tahan tubuh atau kekebalan. Normalnya, mempunyai fungsi untuk pelindung tubuh, tetapi virus ini menyerang jaringan tubuh sendiri. Menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti pada paru-paru, darah, kulit, ginjal, otak, jantung, dan lainnya.
(gallih)
Umumnya, penyakit ini banyak dialami oleh kaum perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh keadaan stres yang berlebihan, serta penggunaan obat-obatan antibiotik berlebihan. Penyakit Lupus sangat cepat dalam penyebarannya, sehingga tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk mencegah dampak yang ditimbulkan lebih besar lagi. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi kepada masyarakat tentang gejala dan dampak yang ditimbulkan oleh penyakit Lupus ini.

Semangat menyembuhkan penyakit inilah yang harus ditularkan kepada orang lain, dan mengimbau agar lingkungan sekitar tidak menjauhi orang yang terjangkitnya. Memang sulit menjadi Odapus. Mereka bertahan dalam ketidaknyamanan. Sabar, ikhlas, dan tetap semangat adalah  pola berpikir positif yang mau tidak mau harus dikuasai untuk ingin tetap hidup sehat. Saat ini sudah banyak komunitas pendukung para Odapus mereka selalu memberikan semangat. Sehingga, Odapus tidak perlu khawatir untuk berjuang sendirian. (LisaR/del/Peka Online)

(Dari berbagai sumber)

Powered by Blogger.