MAMIKO Gelar Screening Film “WARISAN” di UMK

Baca Juga

               Pena Kampus – Minggu Sore (3/6), screening film dokumenter "Warisan" dilaksanakan di Aula Masjid Darul Ilmi, UMK. Acara ini merupakan hasil kerja sama antara Mamiko Team (UMY), Omah Dongen Marwah (ODM), dan LPM Pena Kampus (UMK).



Penonton menyaksikan film "Warisan" dengan seksama (Adel)


Film karya MAMIKO TEAM (Mari Mikir Konsep) dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta ini mengangkat tema salah satu kebudayaan Kudus. Dengan durasi film selama 15 menit ini menceritakan tentang Soto Kerbau yang merupakan makanan khas di Kudus.
Awalnya pemilihan tema ini tanpa disengaja. "Saat datang ke Kudus makanan yang pertama kami makan adalah soto kerbau jadi terfikir kenapa tidak makanan ini yang dibuat film dokumenter. Menurut kami juga hal ini merupakan sesuatu yang unik," ujar Idea selaku produser film Warisan.
            Soto dari Kudus ini cukup memiliki keunikan yang berbeda dari soto daerah lain. Salah satu perbedaannya terletak pada penggunaan daging kerbau sebagai pelengkap soto. Penggunaan daging kerbau ini tidak lepas dari wejangan Kanjeng Sunan Kudus. Salah satu ulama yang termasuk dalam Walisongo ini,  mengajarkan toleransi melalui tidak menyembelih sapi di Kudus.
Singkat cerita, dahulunya mayoritas masyarakat Kudus beragama Hindu. Sapi dianggap hewan suci bagi agama tersebut.  Maka dari itu, sapi dilarang disembelih di Kudus. Hal tersebut masih dijaga hingga sekarang.
Film yang membutuhkan 1 tahun lamanya dalam proses pengerjaan ini pertama kali diputar di Taman Budaya Yogyakarta. Lalu untuk screening di Kudus, Universitas Muria Kudus dipilih sebagai tempat screening film tersebut.
“Memilih pemutaran filmnya di UMK berawal susahnya kita mencari relasi pemutaran di Kudus. Melalui Omah Dongeng Marwah, kami dikenalkan dengan Pena Kampus, dan akhirnya kita bekerja sama, “ ujar Vestika anggota Mamiko. (Adel/del)

Powered by Blogger.