Mengenal Kas dan Perputarannya dalam Perusahan

Baca Juga


Kas merupakan hal yang penting dalam perusahaan. Sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengetahui apa kas itu sendiri. Tapi banyak juga yang belum mengetahui apa sebenarnya peran kas dalam perusahaan dan apa yang dimaksud dengan perputaran kas.

Ilustrasi oleh : TH

Banyak sekali peran kas di dalam perusahaan. Salah satu diantaranya adalah kas digunakan untuk berjaga-jaga. Kas juga digunakan untuk transaksi perusahaan. Transaksi ini diperlukan dalam transaksi operasional perusahaan. Kas menjadi aset lancar perusahaan yang paling penting dimana dengan adanya persediaan kas perusahaan selalu siap jika membutuhkan dan dengan cepat.

Salah satu rasio keunagan yang digunakan untuk menganalisis kas adalah perputaran kas. Perputaran kas sendiri merupakan perputaran dari sejumlah modal kerja yang tersimpan dalam kas dan juga bank dalam satu periode.

Perusahaan yang baik memilki ratio perputaran kas yang kecil. Dimana ratio perputaran kas ini menunjukan kecepatan perubahan kembali aset lancar menjadi kas melalui penjualan. Dengan ratio perputaran kas, investor atau kreditor bisa mengetahui berapa jumlah penjualan yang bisa dihasilkan dari kas rata-rata yang dimiliki perusahaan. Semakin tinggi tingkat perputaran kas menandakan bahwa perusahaan tersebut dalam kondisi baik. Tingkat perputaran kas yang tinggi menandakan kas perusahaan yang teru berputar. Kas perusahaan ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan-kegiatan operasional perusahaan yang berfungsi untuk meningkatkan penjualan seperti pembelian bahan baku.

Jika perputaran kas semakin kecil maka hal ini berarti bahwa kas perusahaan sedang tidak berputar dengan baik. Kas akan sulit kembali ke perusahaan sehingga hal seperti ini dapat mengganggu kegiatan operasional perusahaan. Perputaran kas sendiri didapatkan dengan membandingkan penjualan dengan kas rata-rata.

Sebagai contoh, perputaran kas PT. Mitra Kelana pada tahun 2017 adalah 467% atau 4,67 kali. Artinya, di tahun 2017, kas dari PT. Mitra Kelana berputar sebanyak empat kali lebih dalam setahun. Perputaran kas ini menunjukan bahwa kas dari PT. Mitra Kelana dapat dimanfaatkan dengan baik dalam menghasilkan penjualan dan juga tambahan kas untuk usahanya.

Jika ingin melihat perputaran kas suatau perusahaan baik atau tidak, belum cukup jika hanya melihat dari perputaran kas dalam satu periode. Akan lebih baik jika melihat perputaran kas periode sebelumnya atau setelahnya. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan apakah perputaran kas mengalami kenaikan atau penurunan dengan membandingkan perputaran kas dalam dua periode.

Kontributor : Fatkhus Sholikhatul Maula, Mahasiswa S1 Jurusan Management UNNES
Editor : TH
Powered by Blogger.