Belajar Cara Piawai Berkomuniasi Bersama Binsar Sidauruk

Baca Juga


Pena Kampus - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar kuliah tamu bertemakan “Build your confidence in teaching trough public speaking mastery” Sabtu (24/11). Kuliah tamu kali ini merupakan acara wajib bagi mahasiswa PBI semester tiga. Bertempat di Ruang Seminar, Gedung G, Kampus UMK acara tersebut mengundang Binsar Sidauruk. SS., MBA., CT sebagai narasumber. Binsar merupakan seorang motivator dan trainer public speaking nasional.
Kuliah tamu program studi PBI UMK, Sabtu (24/11) di Ruang Seminar, Gedung G, Kampus UMK. (Lien/Peka)

               
Tema mengenai public speaking dipilih karena hal tersebut merupakan salah satu faktor kesuksesan mahasiswa dalam berkarir. Kepiawaian berkomunikasi dapat menentukan kesuksesan karir seseorang.  Terlebih lagi bagi mahasiswa PBI yang notabene adalah calon guru. Sehingga ilmu mengenai public speaking ini dirasa mutlak diberikan.

                Binsar menyampaikan, komunikator yang baik adalah ia yang mampu menyampaikan apa yang ia lihat, dengar dan rasaakan dengan baik kepada komunikan. Artinya komunikan juga dapat memiliki gambaran dan rasa yang sama dengan komunikator. Itulah mengapa kemampuan berkomunikasi menjadi sangat penting.

                Mereka yang dapat menyampaikan ide dengan baik memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk di dengar. Dengan demikian kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar. Dalam public speaking cara menyampaikan ide perlu diperhatikan.

                Pada public speaking pemilihan kata sangatlah penting. Kata yang dipilih harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu. Public speaking juga harus memiliki tiga bagian di dalamnya: opening, body dan closing.

                Pada opening, komunikator dapat memulai dengan membuat pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan di sampaikan. Body berisi penjelasan yang lebih mendetail. Sedangkan closing, berisi kesimpulan dan penutup.

                Selama tiga jam, Binsar menyampaikan materi dan berinteraksi aktif dengan peserta. Dia memberikan kesempatan kepada peserta untuk langsung mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapat. Sekitar 70% dari akumulasi waktu digunakan untuk praktik sisanya adalah penyampaian materi.

                Suasana kuliah tamu tersebut begitu hidup. Terbukti dari antusias peserta ketika mempraktikkan materi yang telah mereka dapat. Secara bergantian mereka bercerita mengenai hal yang paling berkesan bagi mereka. Dengan demikian diharapkan peserta lebih mudah untuk memaham materi yang disampaikan.

                Anton Pratama, salah seorang peserta kuliah tamu bahakan terinspirasi oleh acara tersebut. Dia mendapatkan banyak pemahaman baru yang berguna untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

“Banyak pemahaman baru dari acara ini, terutama bagaimana cara untuk tampil percaya diri di hadapan banyak orang. Pematerinya baik, bagus, pemilihan katanya pun baik, sehingga para mahasiswa mudah memahami apa yang dia sampaikan, Ujarnya.

                Acara tersebut berlangsung lancar meskipun hanya sekitar 60- 70% mahasiswa dari semester tiga yang hadir. Nurainingsih, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyayangkan jumlah peserta yang hadir. Kendati demikian, Nurainingsih berharap kuliah tamu kali ini memberikan banyak mafaat bagi mereka yang hadir.

                Setelah diadakannya kuliah tamu ini, semoga ilmunya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya English speaking yang diawali dengan public speaking dalam bahasa Indonesia. Communication skill ini salah satu modal dasar untuk sukses. Sehingga saya harap semakin banyak mahasiswa yang berprestasi, baik dalam bidang akademik, seni, olahraga atau bakat dan membawa nama baik UMK,” ujar Nurainingsih. (Lien,Dina/Iam/PEKA ONLINE)

Powered by Blogger.