Belajar Proses Cetak Printer 3D Bersama Rachmawan Wijaya

Baca Juga


Pena Kampus- Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar acara workshop mesin printer 3D yang bertemakan “Potensi 3D di Era Revolusi Industry 4.0” Jum’at (30/11).  Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa lebih mengenal apa itu mesin printer 3D. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh program studi teknik elektro, tetapi seluruh Fakultas Teknik dapat mengikuti workshop tersebut. Acara ini berlangsung di ruang seminar gedung J lantai 5 dengan mengundang Rachmawan Wijaya, S.T sebagai pemateri.
Foto Oleh : Hudha

            Materi yang disampaikan oleh Rachmawan berupa pengenalan printer 3D, jenis-jenis printer 3D dan cara pembuatan gambar dari software.
“Cara kerja printer 3D memiliki tahap tahap. Pertama yaitu membuat file 3D. Kedua file yang sudah dibuat dimasukkan di dalam Program SLI C3R (program untuk membuat file STL menjadi file GCODE). Setelah itu file yang sudah dimasukkan ke dalam program akan dimasukkan kedalam printer untuk dicetak. Waktu proses pencetakan dilihat dari ukuran benda yang akan dibuat,” ujar Rachmawan.
Bahan yang digunakan dalam pengoperasian mesin 3D ini juga beragam seperti filament, PLA, PLS, Nilon, dan Flembel. Ada dua Printer 3D yang digunakan pada saat materi disampaikan yaitu jenis printer  FFF (Fius Fillamen Pubrication) dan Mecanik Core XY.
“Setelah diadakan workshop ini diharapkan kepada mahasiswa yang telah mengikuti acara bisa menjadi mahasiswa yang mandiri dan tidak bergantung kepada materi yang hanya diberikan oleh dosen saja tetapi juga praktik-praktik yang diterapkan sendiri. Diharapkan kedepannya panitia bisa membuat acara yang lebih besar dari ini, seperti diadakannya seminar,” ujar Deni Cahyanto selaku Ketua Panitia workshop. (Laily/Adel/TH/PEKA ONLINE)


Powered by Blogger.