Menuju Demokrasi Substansif melalui Talk Show Pemilu Serentak 2019

Baca Juga

Pena Kampus - Pemilu harus bebas dan adil, bebas dalam arti pemilik suara harus dapat menyatakan pilihannya tanpa tertekan. Sedangkan adil diartikan pemilu dilakukan secara jujur dan terbuka.

Diana Ariyanti dari KPU Jawa Tengah di acara Talk Show pemilu serentak 2019, Selasa (11/12) di ruang seminar rektorat. Sumber foto : Instagram @kpujateng_lindungihakpilihmu
Pernyataan tersebut diungkapkan Diana Ariyanti dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jawa Tengah di acara Talk Show pemilu serentak 2019 yang diadakan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UMK (Universitas Muria Kudus), Selasa (11/12) di ruang seminar rektorat.

“Setiap dari kita adalah pemilih dan aku pemilih akan diminta pertanggung jawaban dari apa yang kita pilih,” ungkap Diana.

Diana menambahkan adanya prinsip-prinsip dalam pemilu bebas dan adil yaitu pemilihan berjalan secara reguler atau berkala, hak pilih bersifat universal, dilaksanakan oleh suatu lembaga yang tidak berpihak, adanya persaingan antar parpol, kebebasan dalam berpendapat, kebebasan pengaruh tekanan pada pemilih, surat suara rahasia, hasil yang cepat dan mudah digunakan.

“Satu orang, satu suara, satu nilai, perwakilan parlemen yang sebenarnya, kekuatan mayoritas dan minoritas yang terwakili, serta pemungutan suara wajib dan partisipasi penuh,” ungkapnya.

                Dalam kesempatan ini, Diana juga mensosialisaikan lima surat suara pemilu 2019 dengan warna yang berbeda-beda. Hijau untuk memilih DPRD KAB/KOTA, biru untuk memilih DPRD Provinsi, kuning untuk memilih DPR-RI, merah untuk memilih DPD-RI, dan warna abu-abu untuk memilih presiden dan wakil presiden.

Acara yang dimoderatori oleh Rizaldo A. Wirdan itu juga menghadirkan Subarkah selaku praktisi hukum dari UMK. Subarkah mengungkapkan, wadah dalam demorasi tetap di dalam NKRI, dibawah bingkai UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika.

“Kalau tidak dapat semua jangan dibuang semua, tetapi ambil yang terbaik dari yang terjelek,” pungkasnya. (Ca/magang/TH/Peka Online)

No comments

Powered by Blogger.