Seminar Nasional PGSD: Menuju Generasi Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter

Baca Juga


Pena Kampus - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan seminarMenuju Generasi Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter”. Seminar tersebut dilaksanakan pada Rabu (5/12).

Endang Danial tengah mengisi seminar Menuju Generasi Emas 2045 Melalui Pendidikan Karakter Rabu (5/12) di auditorium UMK. 
Seminar tersbut mengundang Endang Danial sebagai pembicara utama. Seminar Nasional PGSD ini mengambil tema mencari permata pendidikan karakter yang tersembunyi dalam kurikulum 2013.

Menurut Endang sebagai salah satu pembicara seminar tersebut, pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 tercermin melalui lima nilai utama. Nilai tersebut meliputi nilai religius, integritas, mandiri, integritas dan gotong royong.

Selain Endang, pembicara lain juga dihadirkan dalam acara tersebut. Diantaranya yaitu Cicilia Tri Suci Rokhani,  Kepala Sekolah SD Dengkek 1 Pati yang notabebe sebagai sekolah adiwiyata nasional.

"Nilai-nilai karakter yang ada dalam kurikulum 2013 sebenarnya  tertanam di dalam pembelajaran. Baik dalam 2013 maupun kurikulum sebelumnya. Hanya dalam kurikulum terdapat adanya penekanan untuk menguatkan nilai-nilainkarakter tersebut dalam diri siswa," ungkap Cicilia.

Cicilia menghimbau kepada mahasiswa PGSD untuk terus berinovasI. Inovasi tersebut tidak hanya di bidang yang berkaitan dengan kemampuan kognitif siswa. Terkhusus pula pada bidang pendidikan karakter siswa.

Contoh kecil yang dilakukan oleh Cicilia di sekolahnya yaitu memberikan menu pada siswa yang terlambat. Siswa yang terlambat akan mendapatkan jatah menu kegiatan sesuai dengan keterlambatan mereka. Misalnya terlambat lima menit, mendapatkan menu mengambil sampah di sekitar perpustakaan.

Perlakuan yang diterima siswa ini, harapannya akan memberikan efek malu karena terlambat. Sehingga siswa akan lebih disiplin dalam kegiatan apapun di sekolah. (Roy/Emel/TH/PEKA ONLINE)

Powered by Blogger.