UMK Sustainable Green Campus, Gerakan Cegah Banjir Bareng Ganjar

Baca Juga

Pena Kampus - Bertepatan dengan hari tanam sedunia, UMK (Universitas Muria Kudus)  melakukan penghijauan di Desa Wonosoco pada (7/12). Tanaman yang disediakan berjumlah kurang lebih 8600 bibit, yang terdiri dari bibit tanaman buah-buahan, kayu putih, dan pepohonan.

         Acara yang didalangi oleh gerakan UMK Sustainable Green Campus ini disemarakkan oleh  berbagai warga UMK. Sekitar 2500 civitas akademika, khususnya mahasiswa baru berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan dipandu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Bupati Kudus M. Tamzil juga hadir dalam kegiatan ini.
Foto Oleh : Hilda

Alvian Tunis, salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian sangat setuju dengan adanya kegiatan penghijauan ini. Karena adanya manfaat yang besar dibalik kegiatan tersebut.

“Penghijauan ini sangat berperan penting untuk mencegah banjir yang sering terjadi. Selain itu,  tanaman buah dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan daerah. Bahkan bisa digunakan sebagai wisata hortikultura,” tuturnya.

 Masyarakat setempat juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka menyediakan tempat parkir gratis dan penyambutan pembukaan acara dengan tarian khas daerahnya. Acara berlangsung dengan pendampingan dari polisi kehutanan.

“Kegiatan ini merupakan program setiap tahun dengan tujuan menghijaukan kembali kawasan hutan  yang semakin berkurang. Demi suksesnya kegiatan ini, pemerintah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, terutama yang mempunyai andil di sini,” kata Eko selaku mandor polisi kehutanan.

Adapun dalam aspek keamanan, kegiatan penanaman pohon ini dijaga oleh pihak berwajib dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

“Jauh hari sebelum kegiatan dilaksanakan, semua aparat keamanan sudah berkoordinasi terlebih dahulu. Sehingga keamanan dan ketertibannya  berjalan lancar sesuai rencana,” ujar Iptu Bambang Pratikno.

Upaya pemerintah ini diharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga hutan.
(Nan/MY/PEKA ONLINE)


Powered by Blogger.